Sistem Sosial Budaya Indonesia Di Era Globalisasi

Sistem Sosial Budaya Indonesia Di Era Globalisasi

Sosial budaya indonesia di era globalisasi - Di masa globalisasi seperti saat ini, beberapa sudut dunia seolah-olah begitu dekat di kehidupan kita sehari - hari. Informasi dari sudut dunia manapun begitu gampang untuk kita kenali. System sosial budaya Indonesia itu bisa dimisalkan suatu agama, jika tidak dikerjakan bisa menyebabkan rasa bersalah untuk pemeluknya serta memengaruhi si pemeluk dalam dinamika sosial kemasyarakatan. Kesakralan serta ritual itu baru berarti jika disadari oleh anggota orang-orang lain, seperti halnya system sosial budaya Indonesia.

Perlu kita sadari serta lakukan, kalau dalam pelestarian system sosial budaya Indonesia itu perlu dilakukan sistem pilih-pilih-buang. Dalam pengertian buang atau menghapuskan nilai atau etika dalam system sosial budaya Indonesia yang menghalangi pembangunan, pemberdayaan serta memengaruhi keterbelakangan mentalitas bangsa serta negara Indonesia, seperti yang dilakukan dengan berani oleh bangsa Jepang untuk perkembangan bangsa serta negaranya (silakan baca buku koentjaraningrat judulnya mentalitas bangsa Indonesia). Ini bisa memperkokoh serta menguatkan kepercayaan kebangsaan serta bernegara karena dengan cara riil berikut yang dikatakan sebagai kesadaran sosial dalam usaha mengukuhkan serta menguatkan eksistensi orang-orang Indonesia. Diluar itu, terus-terusan untuk melakukan kebiasaan yang mendukung perkembangan bangsa seperti hidup sederhana, saling gotong-royong serta tolong menolong dalam kebenaran.

Kita tidak mempunyai strategi kebudayaan sehingga persoalan paling utama juga mudah saja mengobatinya. Yang akan datang harus ada strategi kebudayaan. Kita belum memiliki kebudayaan komprehensif yang menyebabkan nilai-nilai luhur tidak ada. Jadi begitu penting dan mendesak untuk mengaplikasikan strategi yang  efisien internalisasi budaya dalam kehidupan bermasyarakat dalam kesehariannya. Serta pada akhirnya sikap serta tingkah laku optimis serta optimisme untuk menjadi lebih baik untuk bangsa serta negara Indonesia bisa menjadi pemacu atau penyemangat individu serta grup dari keberagaman bangsa Indonesia untuk mewujudkan bangsa serta negara Indonesia yang maju, adil serta beradab dihadapan dunia dan terlebih dihadapan Tuhan Yang Maha Esa.