Kondisi Sosial Budaya Di Indonesia

Kondisi Sosial Budaya Di Indonesia

Sosial budaya di Indonesia - Indonesia sebagai negara kepulauan ditempati oleh bermacam masyarakat dengan ciri khas serta budaya masing masing. Keadaan ini membuat keragaman dalam kehidupan sosial serta budaya bangsa. Segi sosial serta budaya terbentuk dari aspek hubungan manusia dengan lingkungan eksternalnya. Sebagai bangsa yang besar, Indonesia mempunyai budaya atau kearifan lokal yang tidak di pengaruhi oleh budaya asing. Aspek budaya lokal indonesia sendiri di pengaruhi oleh : aspek agama, hubungan bermasyarakat, dan kerakyatan. Akibat ada hubungan dengan aspek eksternal, jadi muncul banyak hal yang mendorong keberagaman kebudayaan suku-suku bangsa di Indonesia, diantaranya : Yang pertama letak geografis, letak Indonesia sebagai negara kepulauan ikut memengaruhi corak kehidupan masyarakat. Yang kedua asal-usul, sebagai negara yang terdapat di jalur silang perlintasan dunia, Indonesia yaitu daerah baru yang mudah di pengaruhi oleh budaya asing yang datang dari beberapa pedagang waktu lampau atau dari kebudayaan masyarakat yang bermigrasi ke Indonesia.

Yang ketiga kebudayaan, kebudayaan dari masing - masing masyarakat dalam suatu daerah ikut memberi warna untuk memperoleh jati diri masyarakat itu. Perkembangan kebudayaan yang tidak sama memberi dampak pada keberagaman tersebut. Sebagian aspek yang memengaruhi keragaman budaya, diantaranya, bahasa, tehnologi, mata pencaharian, organisasi sosial, pengetahuan, agama, serta kesenian. Dampak umum yang muncul dari keberagaman keadaan sosial budaya Indonesia, salah satunya : Terbentuknya system pemerintahan demokratis untuk mengakomodasi semua kebutuhan orang-orang serta semua keadaan sosial budaya yang bermacam - macam sehingga setiap individu memperoleh kesamaan. Kadang-kadang muncul kesenjangan pada orang - orang karena keadaan pembangunan yang masih tetap belum rata sampai sekarang ini. Kesusahan untuk menyesuaikan kebudayaan daerah dengan kebudayaan nasional karena banyak nilai-nilai budaya yang perlu diperhitungkan sebelum dikerjakan penyeragaman.

Berbeda dengan keadaan di saat penjajahan yang melakukan diskriminasi pada keadaan sosial serta budaya dari orang-orang lokal, sekarang ini pemerintah dituntut untuk memberi perhatian yang sama pada setiap individu. Harapan juga berkaitan dengan untaian kalimat yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945. Jadi kesimpulan kondisi sosial budaya di indonesia yaitu Indonesia adalah negara dengan keadaan sosial serta budaya yang beragam. Pemerintah harus menanggung stabilitas keadaan sosial serta budaya di Indonesia dengan memberi perlakuan yang sama.